-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    Keberadaan Delman Yang Nyaris Tidak Tampak di Masyarakat

    Adimaki
    Jumat, 04 Oktober 2024, 19.14.00 WIB Last Updated 2024-10-04T12:22:10Z

    Tampak Delman Melintasi Jalan Raya Bantar Dengan Beberapa Penumpang Untuk Berkeliling Desa Melihat-lihat Pemandangan, Jumat, 4/10/24 (Foto Dok. Tim HARIANWANGON)

    HARIANWANGON - Dulu menjadi alat transportasi dan daya tarik wisata namun sekarang hanya menjadi hiburan masyarakat. Sore ini Jumat, 4 Oktober 2024 pukul 16.30 wib di jalan Bantar tepatnya di samping lapangan Bantar - Jatilawang terlihat Delman atau Dokar yang melintas.

    Saat ini keberadaan delman sangat susah dijumpai kecuali di daerah wisata itupun hanya beberapa tempat saja, namun di pedesaan maupun perkotaan nyaris tidak nampak kendaraan ini.

    Bisa dibilang ada daya alih fungsi terkait hal tersebut, dulu delman atau Dokar bisa dikatakan sebagai alat transportasi masyarakat baik menuju pasar atau dari pasar menuju ke rumah saat bawa belanjaan banyak. Selain sebagai alat transportasi delman juga sebagai daya tarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara, hal ini masih dibeberapa tempat tetap menjadi fungsi yang semestinya.

    Sore hari ini terlihat satu delman yang berjalan di sepanjang jalan Bantar - Jatilawang membawa beberapa penumpang tanpa barang bawaan.

    Saat ini keberadaan delman di sebagian tempat hanya sebagai hiburan masyarakat, seperti halnya kereta kelinci yang tujuannya menghibur penumpang dengan berkeliling ke desa-desa dari satu titik ke titik tertentu, delman pun seiring berjalannya waktu beralih fungsi sebagai hiburan masyarakat atau penumpang hanya untuk berkeliling dari desa satu ke desa lainnya atau dengan batasan waktu tertentu kemudian penumpang akan memberikan uang sebagai gantinya sudah menghibur dengan mengajak keliling.***


    Editor : Adimaki
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close