-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    Lingkungan Bersih dan Sehat Menjadi Tema Gerakan Sosialisasi Maha Siswa KKN di Desa Adisana

    Adimaki
    Kamis, 08 Agustus 2024, 08.18.00 WIB Last Updated 2024-08-08T01:18:32Z

     

    Suasana Kelas Saat Maha Siswa KKN UIN SAIZU Memberikan Sosialisasi Kepada Siswa Sekolah Dasar Beberapa waktu Lalu. (Foto Oleh Fajry Sinaga)

    HARIANWANGON - UIN SAIZU PURWOKERTO, Maha Siswa KKN Kelompok 161 sukses mengadakan sosialisasi lingkungan bertema jenis-jenis sampah di empat sekolah yang ada di Desa Adisana beberapa waktu lalu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan siswa mengenai pentingnya pengelolaan sampah.

    Kepada Tim Harian Wangon, Tim Sosialisasi membeberkan bahwa legiatan sosialisasi pertama dilaksanakan di SMP Assalafiyah dengan pemateri Beni dan Putri, Sosialisasi ini berlangsung interaktif, siswa diajak membuat satu kalimat yang berhubungan dengan kata yang sudah tertulis di selembar kertas secara berkelompok dan tentunya kata tersebut berkaitan dengan materi. Aktivitas ini dirancang untuk memudahkan pemahaman siswa tentang jenis-jenis sampah dan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

    Sosialisasi kedua bertempat di MI Muhammadiyah Baruamba, Putri dan Shiva menyampaikan materi dengan mengajak siswa untuk memisahkan sampah organik dan anorganik.

    Sosialisasi ketiga dilaksanakan di MTs Muhammadiyah Baruamba, Beni dan Mufti mengajak siswa untuk membuat kerajinan dari sampah anorganik, Kegiatan ini tidak hanya memberikan wawasan mengenai daur ulang, tetapi juga mengasah kreativitas siswa dalam memanfaatkan sampah menjadi barang yang berguna, ujar salah seorang Maha Siswa KKN tersebut.

    Foto Maha Siswa KKN UIN SAIZU Purwokerto Bersama Siswa Sekolah Dasar Usai Kegiatan Sosialisasi.


    Kegiatan selanjutnya sosialisasi dilaksanakan di MI As-Salafiyah, Fadillah dan Delia  juga mengajak parasiswa untuk memisahkan sampah organik dan anorganik. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan siswa mengenai pentingnya memilah sampah sejak dini.

    Selama kegiatan berlangsung respon dari siswa sangat positif dan antusias, beberapa siswa bahkan mengungkapkan rasa iri kepada teman-teman mereka yang mengikuti kegiatan ini. "Kok pas zaman aku nggak ada," ujar salah satu siswa dengan nada bercanda.

    Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam jangka panjang, terutama dalam meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan generasi muda. Mahasiswa KKN Kelompok 161 UIN Saizu berharap bahwa apa yang telah mereka sampaikan dapat terus diaplikasikan oleh para siswa dalam kehidupan sehari-hari.*** pungkasnya.


    Sumber : Fajry Sinaga 

    Editor : Adimaki


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close