-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    Kolaboratif Maha Siswa Lintas Kampus Sukseskan Reaktivasi Pasar Kuliner Penggarutan

    Adimaki
    Jumat, 09 Agustus 2024, 09.37.00 WIB Last Updated 2024-08-09T02:37:49Z

     

    Kepala Desa Penggarutan Tampak Membuka Acara Pasar Kuliner Dengan Pemotongan Pita dan Diikuti Tokoh Masyarakat Serta Mahasiswa KKN 2024. (Foto Dok. Maha Siswa KKN Penggarutan 2024)

    HARIANWANGON - Dalam rangka program kerja yang disusun, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 163 Universitas Islam Negeri K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto melaksanakan rangkaian kegiatan reaktivasi pasar kuliner di Desa Penggarutan beberapa hari yang  lalu. Pada periode sebelumnya Pasar Kuliner di Desa Penggarutan telah vakum selama satu tahun karena berbagai halangan. Oleh karena itu, dalam rangka tujuan dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata yaitu meningkatkan perekonomian desa, Mahasiswa UIN SAIZU berinisiatif melakukan pengaktifan kembali pasar kuliner Desa Penggarutan.

     

    Dalam reaktivasi pasar kuliner, Mahasiswa KKN UIN SAIZU berkolaborasi dengan beberapa pihak, salah satunya dengan Karang Taruna dan Mahasiswa KKN UNSOED. Dengan dibentuknya kolaborasi, KKN UIN SAIZU telah merancang dan melakukan pembukaan pasar kuliner dengan konsep yang kreatif dan atraktif. Acara pembukaan pasar kuliner tersebut juga diisi berbagai rangkaian kegiatan yang tentunya menghibur para pengunjung.  Berbagai hiburan ditampilkan dihadapan para pengunjung seperti pentas seni dari siswa-siswi SD dan MI, musikalisasi dari Mahasiswa KKN UIN SAIZU dan KKN UNSOED, serta orgen tunggal.

     

    Selain berbagai hiburan yang ditampilkan, terdapat juga beberapa program kerja yang diselipkan dalam rangkaian acara pembukaan pasar kuliner. Salah satu program kerja yang dilaksanakan diantaranya adalah donor darah yang merupakan program kerja KKN UIN SAIZU, serta cek kesehatan dari program kerja KKN UNSOED.

     

    Suasana Pasar Kuliner Penggarutan Beberapa Hari Lalu. (Foto Dok. Maha Siswa KKN Penggartutan 2024)

    Acara pembukaan ini dihadiri oleh berbagai pihak, diantaranya adalah Kepala Desa, LPM, BPD, BABINSA, BABINKAMTIBMAS, Ketua RT RW, serta seluruh masyarakat, dan tentunya seluruh elemen UMKM Desa Penggarutan

    Rosyi Ibnu Hidayat, S. Kom.I., M. Sos. Selaku Kepala Desa Penggarutan berharap Pasar kuliner yang dimulai Mahasiswa KKN ini dapat menjadi program yang berkelanjutan dan berjalan sepanjang tahun, sekaligus membuka acara tersebut dengan simbolis pemotongan pita. Reaktivasi pasar kulinner ini diharapkan menjadi pemicu peningkatan ekonomi Desa Penggarutan, khususnya dalam ranah pemberdayaan UMKM lokal.

    Dengan keseriusan Mahasiswa dalam membantu membangun Desa, Acara ini  menjadi bukti nyata kontribusi positif mahasiswa serta suksesnya kegiatan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa UIN K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto yang dilaksanakan di Desa Penggarutan.***


    Sumber : Maha Siswa KKN Penggarutan 2024

    Editor : Adimaki

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close