-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    Asah Kreativitas Mahasiswa KKN Ini Sambangi Pengusaha Batu-bata

    Adimaki
    Jumat, 16 Agustus 2024, 00.04.00 WIB Last Updated 2024-08-16T00:25:17Z

    Terlihat Salah Seorang Mahasiswa Ikut Serta dalam Proses Pembuatan Batu-Bata di Tempat Produksi Warga Adisana (Dendi dan Farida) Beberapa Waktu Lalu. (Foto Dok. Mahasiswa KKN UIN SAIZU)

    HARIANWANGON – UIN SAIZU PURWOKERTO, mahasiswa KKN Kelompok 161 UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto beberapa waktu lalu melakukan kunjungan dan ikut praktik pembuatan batu bata di rumah warga stempat (sebut saja Dendi dan Farida), mereka merupakan bagian kecil dari masyarakat setempat yang memproduksi batu bata.

    Kepada Tim Harian Wangon Salah Seorang Mahasiswa membeberkan kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah wawasan kami (mahasiswa) terkait ilmu terapan yang ada dilapangan, dalam hal ini proses pembuatan batu bata, selain dapat mengetahui proses pembuatan batu bata di tempat produksi Dendi dan Farida (pemilik usaha) maka tentunya pengalaman berharga tersebut dapat menjadi suntikan materi entrepreneurship bagi setiap mahasiswa yang melakukan kunjungan tersebut.

    Foto Dok. Mahasiswa KKN UIN SAIZU

    Sepasang suami-istri tersebut (Dendi dan Farida) memberikan sambutan hangat kepada para mahasiswa KKN, ia pun memperkenalkan pada mahasiswa sejarah dan latar belakang usahanya, lalu para mahasiswa KKN diajak menuju lokasi pembuatan batu bata.

    Tahap pertama yang mereka pelajari adalah proses pembuatan adonan tanah dengan menggunakan mesin buatan sendiri, tanah digiling hingga halus dan siap untuk dicetak. Mahasiswa terlihat antusias mencoba mengoperasikan mesin ini, mendapatkan pengalaman langsung bagaimana adonan tanah diolah hingga siap untuk dicetak.

    Setelah adonan tanah siap, proses pencetakan batu bata pun dimulai, Wildan (karyawan ditempat tersebut) menjelaskan bahwa pencetakan dilakukan dengan bantuan alat khusus untuk memastikan ukuran dan bentuk batu bata sesuai yang diinginkan, giliran mahasiswa KKN berkesempatan mencoba mencetak batu bata satu per satu, dengan fokus mengikuti arahan, memastikan setiap batu bata yang dicetak supaya memiliki kualitas yang baik.

    Proses Pencetakan Batu-bata Yang Dilakukan Salah Seorang Mahasiswa KKN UIN SAIZU Beberapa Waktu Lalu. (Foto Dok. Mahasiswa KKN UIN SAIZU)

    Tahap berikutnya adalah proses penjemuran. Batu bata yang baru dicetak dijemur di bawah sinar matahari selama beberapa hari. Proses ini penting untuk menghilangkan kadar air dalam batu bata sebelum dibakar, kemudian proses penjemuran, pastikan setiap batu bata terkena sinar matahari secara merata. hingga proses terakhir adalah pembakaran batu bata, pemilik usaha (Dendi) menjelaskan bahwa proses ini memerlukan waktu sekitar lima hari, pembakaran dilakukan secara bertahap dan diawasi ketat untuk memastikan batu bata matang dengan sempurna.***

    Sumber : Mahasiswa KKN UIN SAIZU

    Editor : Adimaki


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close