-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    UIN Saizu Purwokerto Menampilkan Tari Khas Banyumasan di Kolaborasi Vidyarpana PTKIN

    Ali Sobirin
    Sabtu, 01 Juni 2024, 10.38.00 WIB Last Updated 2024-06-01T06:36:28Z

    Mahasiswa UIN SAIZU Yang Turut Berpartisipasi dalam Acara Kolaborasi Vidyarpana yang diselenggarakan oleh PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 27/5/24. (Foto Oleh Fajry Sinaga)


    HARIANWANGON - UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto (UIN Saizu) turut berpartisipasi dalam acara Kolaborasi Vidyarpana yang diselenggarakan oleh PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di Taman Budaya Yogyakarta. Acara ini bertujuan untuk menerapkan teori dari mata kuliah SBDP yang diampu oleh Bapak Alfian Eko Widodo Adi Prasetyo, M.Pd, sekaligus melestarikan budaya nusantara dan menjaga silaturahmi antar sesama prodi PGMI se-Indonesia.

    Acara ini berlangsung meriah dengan hampir penuhnya kursi penonton di Gedung Pertunjukan Taman Budaya Yogyakarta, menambah semarak acara tersebut. Atmosfir Yogyakarta yang kaya apresiasi terhadap seni pertunjukan turut berkontribusi pada suksesnya acara ini.

    Dalam acara tersebut, UIN Saizu Purwokerto mengirimkan lima mahasiswa dari prodi PGMI, yaitu Kamalia Ika Putri, Shintya Azzahra, Alien Bahtiar Rahman, Vera Regina Azaria, dan Melanny Dwi H. Mereka menampilkan tari khas Banyumasan dengan apik. Bapak dosen pendamping, Fajry Sub'haan Syah Sinaga, S.Pd., M.A, mengatakan, "Kegiatan ini merupakan sarana dalam menyambung rasa baik secara institusional maupun estetika. Lengger yang kita bawakan merupakan rasa khas Banyumasan yang ingin kita perkenalkan kepada rekan-rekan di PTKIN lain."

    Fajry Sinaga Bersama Mahasiswanya Sedang Berpose.


    Acara dibuka dengan opening ceremony oleh mahasiswa PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan UIN Walisongo Semarang yang menampilkan Tari Kreasi Jawa Modern, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama diberikan oleh ketua panitia, Imam Mudin Zaqi, yang menyatakan rasa bangganya terhadap suksesnya acara ini, serta meningkatnya partisipasi dan skala acara dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

    Sambutan kedua disampaikan oleh Kaprodi PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Dr. Hj. Maemunah, M.Ag, yang menyatakan, "Pagelaran seni ini adalah kegiatan tahunan di semester genap dalam rangka penilaian mata kuliah Seni Budaya yang diharapkan siswa dapat menghayati dari sendratasik yang akan ditampilkan. Kolaborasi ini merupakan kolaborasi yang luar biasa dan apik."

    Penampilan Apik Telah Disajikan Oleh Mahasiswa Bimbingan Fajry Sinaga di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

    Penampilan pembuka acara dibawakan oleh dosen pendidikan seni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berkolaborasi dengan Sanggar Seni Sekar Langit Klaten yang membawakan Tari Barzah. Acara inti menampilkan mahasiswa PGMI dari berbagai universitas, dimulai dengan sendratasik "Muslihat Sengkuni" oleh mahasiswa PGMI UIN Sunan Kalijaga berkolaborasi dengan IAIN Kudus yang menampilkan Tari Giri Shalawat. Dilanjutkan dengan sendratasik "Serupa Wadas" oleh mahasiswa PGMI UIN Sunan Kalijaga berkolaborasi dengan UNU Yogyakarta yang menampilkan Tari Tradisional x Modern. Penampilan terakhir adalah sendratasik "Tahta Petaka" oleh mahasiswa PGMI UIN Sunan Kalijaga berkolaborasi dengan UIN Saizu Purwokerto yang menampilkan tari Lengger Megot Banyumasan. Acara ditutup dengan flashmob menari bersama.

    Dengan beragam penampilan yang memukau, Kolaborasi Vidyarpana berhasil menunjukkan kekayaan budaya dan semangat kolaborasi antar mahasiswa PGMI se-Indonesia.***


    Sumber: Fajry Sinaga
    Editor : Also
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close