-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    Serius Tangani Kesehatan Masyarakat, Pemkab Banyumas Terima Penghargaan Surveilans AFP dan MR dari Menkes

    Ali Sobirin
    Senin, 20 Mei 2024, 23.50.00 WIB Last Updated 2024-05-20T16:50:23Z

     

    Pj. Bupati Banyumas Saat Menerima Penghargaan Dari Kementrian Kesehatan. (Foto Dok. banyumaskab.go.id)

    HARIANWANGON - BANYUMASKarena berkinerja terbaik dalam pencapaian imunisasi, pemerintah kabupaten Banyumas menerima penghargaan surveilans AFP dan MR. Penghargaan diserahkan oleh sekjen kementrian kesehatan RI Kunta Bawa Dasa Nugraha Kepada PJ bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro pada acara puncak pekan imunisasi dunia 2024 tingkat nasional yang digelar di lapangan banteng Jakarta, Minggu (19/05/24).

    Kepala dinas kesehatan dr Widiana Grehastuti yang turut mendampingi PJ bupati Banyumas mengatakan SURVEILANS AFP atau Surveilans Acute Flaccid Paralysis (AFP) atau Lumpuh Layuh merupakan pengamatan terhadap kasus kelumpuhan yang sifatnya lemas mendadak yang dialami oleh anak usia < 15 tahun. Surveilans ini bertujuan untuk mempertahankan status Indonesia bebas polio dan menuju eradikasi polio global, disamping startegi lain yaitu penguatan imunisasi polio, jelasnya.

    " Target penemuan surveilans AFP sebanyak 3/100.000 anak, Capaian non polio AFP rate Kabupaten Banyumas pada tahun 2023 mencapai sebesar 13.61 dan dalam 5 tahun terakhir selalu meningkat setiap tahunnya, bahkan pada saat pandemi Covid-19 " jelasnya

    Sedangkan SURVEILANS MR (Measles-Rubella/Campak-Rubela)* Surveilans MR merupakan pengamatan terhadap kasus campak dan rubella dalam rangka mencapai eliminasi campak dan rubella, disamping penguatan imunisasi.

    "Target penemuan surveilans campak sebanyak 2/100.000 penduduk sedangkan Capaian Kabupaten Banyumas pada tahun 2023 sebesar 11.49 dan dalam 5 tahun terakhir selalu meningkat setiap tahunnya, bahkan pada saat pandemi Covid-19 " tambahnya.

    Sementara PJ. Bupati Hanung menyampaiakan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran dinas kesehatan dan seluruh elemen yang telah bekerja keras sehingga Banyumas mampu mencapai terbaik dalam surveilans AFP maupun MR. Hanung juga menyampaikan untuk capaian imunisasi yang lain Juga harus maksimal karena tugas kita adalah menyiapkan generasi kabupaten Banyumas yg sehat.***


    Sumber : banyumaskab.go.id

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close