-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    Oemah Jati Banyumas Ada Menu Sajian Yang Bakal Nekuk Lidah Para Penikmatnya

    Ali Sobirin
    Kamis, 30 Mei 2024, 12.09.00 WIB Last Updated 2024-05-30T05:09:23Z

     

    Menu Rica-rica Gurameh. (Foto Oleh : Cokro)

    HARIANWANGON - BANYUMAS, Masakan rica-rica adalah salah satu hidangan khas dari Manado, Sulawesi Utara, Indonesia. Hidangan ini terkenal dengan cita rasa pedas dan gurihnya. Bahan utama dalam rica-rica biasanya adalah ayam, tetapi bisa juga menggunakan daging lain seperti bebek atau basur.

    Namun di Banyumas ada rica rica yang menggunakan ikan gurameh yakni di Warung Oemah Jati yang terletak di Jalan Raya Baturraden Timur, Desa Sumbang, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas.

    Rica-rica ikan gurameh ini menawarkan perpaduan cita rasa gurih, pedas, dan hangat yang memanjakan lidah dengan kelembutan daging segar nan lembut.

    1. Diolah dengan bumbu tradisional

    Ikan gurameh di Warung Oemah Jati Banyumas ini diolah menjadi masakan ala rica-rica menggunakan bumbu tradisional. Prosesnya dimulai dengan mencuci bersih satu ekor ikan gurameh, memotongnya sesuai ukuran lalu digoreng sebelum diracik dengan bumbu tradisional.

    Rica-rica ikan gurameh ini diolah dengan bumbu tradisional seperti garam, daun salam, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, cabai merah keriting, cabai merah besar, tomat, daun jeruk, dan serai.

    Setelah bumbu dihaluskan dan ditumis, ikan gurameh yang sudah matang dimasukkan, dan membutuhkan waktu sekitar 25 menit hingga rica-rica gurameh siap disajikan.

    2. Rasanya nekuk lidah

    Salah satu penikmat rica-rica gurameh, Joko Kumis, mengaku terkesan dengan keunikan menu ini. "Saya memilih menu yang aneh jika rica-rica dari basur, ayam, dan bebek, tapi di Warung Oemah Jati justru rica-rica dibuat dari ikan gurameh,"katanya.

    Menurut Joko, dari rasanya, dagingnya empuk dan menekuk lidah. Bumbu rempah-rempahnya serta dimakan tidak bau tanah dan ini menjadi pembanding dengan masakan rica-rica di warung lainnya," ujarnya.

    Menu ini sangat cocok untuk makan siang yang spesial dan unik. "Ikan gurameh yang dimasak dengan bumbu rica-rica yang pedas dan gurih mampu menciptakan cita rasa yang super lezat hingga menekuk lidah," tambahnya.

    Foto Oleh : Cokro


    3. Berawal dari masak untuk keluarga

    Warung yang didirikan oleh Epy Herianti ini kini menjadi destinasi kuliner yang menawarkan sensasi baru dalam menikmati olahan ikan gurameh yang menggugah selera berawal saat masak untuk keluarga.

    "Awalnya saya membuat rica-rica gurameh untuk keluarga. Anak dan suami merasakan masakannya enak dan keluarga mendukung untuk mendirikan warung makan. Untuk bumbunya terdiri dari bumbu rempah-rempah seperti bawang merah, putih, laos, garam, cabai, dan bumbu lainnya," kata Epy.

    Epy juga menambahkan bahwa antusiasme pelanggan cukup baik, dengan rata-rata sepuluh ekor gurameh terjual setiap hari. Satu porsi rica-rica gurameh plus nasi dibanderol dengan harga Rp60.000.

    Masakan rica-rica gurameh ini cocok dinikmati dengan nasi putih dan pelengkap lainnya seperti lalapan atau sambal.***


    Sumber : jateng.idntimes.com












    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close