-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    MGMP Seni Budaya Kabupaten Purbalingga Ikuti Workshop Penulisan Materi Ajar Berbasis Lagu Daerah

    Ali Sobirin
    Rabu, 29 Mei 2024, 17.22.00 WIB Last Updated 2024-05-29T10:22:31Z

    Suasana Workshop Guru SMP/MTsdi Purbalingga 29/5/24. (Foto Oleh Fajry Sinaga)


    HARIANWANGON - PURBALINGGA, Seni Budaya SMP/MTs Kabupaten Purbalingga mengikuti workshop penulisan materi ajar berbasis lagu daerah (29/5/24). Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara dosen Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang (UNNES) dengan dosen seni dari UIN Saizu Purwokerto, sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat bertajuk "Peningkatan Keterampilan Menulis Notasi Musik bagi MGMP Seni Budaya Kabupaten Purbalingga Melalui Pelatihan Integrasi Sibelius dan Parnumation."

    Para narasumber dalam kegiatan ini adalah Dr. Syahrul Syah Sinaga, M.Hum (Ketua Tim), Dr. (c) Ibnu Amar Muchsin, M.A, Antonius Edi Nugro, M.Pd, dan Fajry Sub'haan Syah Sinaga, M.A (Dosen UIN Saizu Purwokerto). Mereka menyampaikan materi tentang pemahaman kurikulum merdeka, modul pembelajaran, penciptaan lagu daerah, dan penulisan notasi musik menggunakan Parnumation.

    Workshop yang berlangsung di RM Mie Pasar Baru Jakarta Jalan MT. Haryono Ruko Redjo Mulyo, Purbalingga, diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari guru seni SMP/MTs se-Kabupaten Purbalingga. Acara ini berjalan lancar dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, dengan antusiasme tinggi terutama pada materi lagu daerah.

    "Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengapresiasi dan mengkreasi lagu daerah yang kurang dimunculkan dalam pembelajaran, sehingga kami berharap dapat menghadirkannya kembali melalui pengalaman musikal," ujar Dr. Syahrul Syah Sinaga selaku Ketua Tim Pengabdian Masyarakat FBS UNNES Semarang.

    Pemateri dan Peserta Lakukan Foto Bersama Setelah Usai Kegiatan Workshop. (Foto Oleh : Fajry Sinaga)


    Poin utama dalam kegiatan ini difokuskan pada lagu daerah yang disesuaikan dengan lokasi peserta didik, seperti lagu berbahasa Banyumasan di wilayah Purbalingga. "Kami berharap ini dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan pemahaman dan kecintaan siswa terhadap budaya lokal," tambah Ibnu Amar Muchsin.

    Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Dewan Pembina MGMP Seni Budaya Kabupaten Purbalingga. "Kegiatan ini sangat bagus untuk menambahkan keterampilan kami dalam menjawab tuntutan guru," ujar Yunanta, Pembina MGMP Seni Budaya Kabupaten Purbalingga.***

    Sumber : Fajry Sinaga
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close