-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    Mahasiswa UIN SAIZU Beri Edukasi Warga Babakan

    Ali Sobirin
    Sabtu, 18 Mei 2024, 07.44.00 WIB Last Updated 2024-05-18T00:44:08Z

    UIN SAIZU Berikan Edukasi Ke Warga Tentang Perbankan Syariah. (Foto Oleh : Cokro)



    HARAIANWANGON - PURWOKERTO, Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah UIN Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto memberikan edukasi keuangan syariah kepada masyarakat. Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) tersebut turun langsung ke Desa Babakan, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas.

    Koordinator Program Studi Perbankan Syariah FEBI UIN Saizu Purwokerto, Hastin Tri Utami menyebutkan, mahasiswa tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah (HMPS PSY) FEBI UIN Saizu Purwokerto. Mereka menyelenggarakan Silaturahmi Mahasiswa bersama Warga (Samawa) di Desa Babakan, Karanglewas.

    "Acara dilakukan tiga hari. Tujuan Samawa ini untuk menumbuhkan rasa kepedulian mahasiswa kepada masyarakat dan menumbuhkan nilai sosial agama dalam kehidupan bermasyarakat, serta memberikan pengetahuan mengenai sertifikasi halal dan pentingnya edukasi keuangan syariah ke masyarakat," ujarnya Jumat (17/5/2024).

    Ketua Panitia Samawa, Rofi’ul mengatakan, pada hari pertama, dilakukan pembukaan yang dihadari oleh perangkat desa seperti kepala desa, kepala dusun, ketua RT, dan tuan rumah. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan mengajar anak-anak Taman Pendidikan Quran (TPQ) dari jenjang TK hingga Kelas 6 Sekolah Dasar.

    Pada hari kedua, dilaksanakan seminar di Balai Desa Babakan terkait sertifikasi halal yang diisi pemateri dari Kementerian Agama Kabupaten Banyumas. Acara dihadiri para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) setempat, ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), serta terbuka untuk umum.

    Kegiatan Silaturrahim Yang Digelar Oleh Mahasiswa UIN SAIZU dan Berikan Edukasi Perbankan Syariah Kepada Warga Babakan. (Foto Oleh: Cokro)

    Ada juga edukasi keuangan syariah yang diisi Hastin Tri Utami, selaku Koordinator Program Studi Perbankan Syariah. Setelah itu dilanjutkan dengan mengadakan berbagai lomba untuk anak-anak. Seperti halnya lomba mewarnai, lomba hafalan surat pendek, lomba tilawah, dan lomba adzan.

    Pada malam puncak, panitia memberikan santunan anak yatim dan pembagian hadiah kepada anak-anak yang memenangkan perlombaan termasuk piala, sertifikat, dan uang pembinaan. Panitia berkolaborasi untuk pelantikan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama- Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) dan Anshor.

    Selain itu, penyerahan sertifikat wakaf dan plakat desa. Pada hari terakhir, panitia bekerja sama dengan para warga untuk melakukan kerja bakti dan penanaman bibit pohon yang diberikan oleh dinas perhutani di sekitar jalan desa Babakan serta berbagi donasi.

    Selama menjalankan seluruh rangkaian kegiatan acara Samawa ini, antusiasme warga sangat tinggi untuk ikut berpartisipasi. “Lebih dari 100 warga yang ikut berpartisipasi. Di malam puncak itu banyak sekali dan kami mendapat donasi box 300,” ungkapnya.***


    Sumber : Cokro


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close