-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    Ahza Danisa Arifin Menangkan Lomba Cerita Tingkat SD/MI di Kabupaten Cilacap

    Adimaki
    Selasa, 30 April 2024, 07.20.00 WIB Last Updated 2024-04-30T00:20:59Z

     

    Ahza Dannish Arifin, Juara 1 Lomba Bercerita Tingkat SD/MI Kabupaten Cilacap tahun 2024. (Foto Oleh: cilacapkab.go.id)

    HARIANWANGON - CILACAP, Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kembali menggelar Lomba Bercerita Tingkat SD/MI Se-Kabupaten Cilacap. Lomba yang digelar pada hari Senin (29/4/2024) di Hotel Sindoro tersebut diikuti oleh 24 siswa siswi kelas 4 dan 5 SD/MI di wilayah Kabupaten Cilacap.

    Peserta lomba bercerita tampil ekspresif dan lantang membawakan cerita dihadapan dewan juri dan penonton. Beberapa perseta bahkan memainkan alat musik dan menggunakan alat peraga dalam membawakan dongeng maupun legenda yang berasal dari berbagai daerah di wilayah Kabupaten Cilacap itu.

    Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Arpus, Titin Martiningsih selaku Ketua Penyelenggara mengatakan, Lomba Bercerita tahun 2024 masih mengangkat cerita lokal dengan harapan dapat menumbuhkembangkan kecintaan anak-anak terhadap karya budaya bangsa.

    “Tujuan lomba ini diantaranya menumbuh kembangkan kegemaran baca anak-anak serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa serta mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah yang mengandung nilai-nilai kehidupan, baik yang membangun karakter bangsa baik buku yang mengangkat cerita kepahlawanan maupun legenda,” ujarnya.

    Sementara Bunda Literasi Kabupaten Cilacap, Fitri Awaluddin Muuri berharap melalui lomba ini, masyarakat khususnya anak-anak akan terdorong untuk mencintai budaya lokal, lebih dekat dengan buku dan perpustakaan.

    “Perpustakaan secara umum memiliki peranan mewujudkan manusia yang cerdas yang diharapkan memiliki kebiasaan membaca sebagai usaha belajar sepanjang hayat dan terus mewujudkan masyarakat pembelajar,” tuturnya.

    Ahza Dannish Arifin, siswa SDN Jenang 02 berhasil membawa pulang Juara 1 dengan membawakan cerita berjudul “Menyibak Misteri Sepatnunggal”. Ia juga sekaligus terpilih sebagai wakil dari Kabupaten Cilacap dalam Lomba Bercerita Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

    Sedangkan juara 2 diraih Wulan Ayu Kurnia Putri dari SD Al-Irsyad 01 Cilacap dengan judul “Usul Berdirinya Pasar Karna”, dan Juara 3 diraih Azqiara Khansa Atharilani dari SDN Bringkeng 01 dengan membawakan cerita berjudul “Legenda Waduk Naga Wangsa Kubangkangkung”.

    Untuk Juara Harapan 1 diraih Amira Yumna Latifah, siswi SDN Karangasem 01 dengan judul “Petaka Rumah Balai Malang dan Busana Golek Kencana”, Juara Harapan 2 diraih Ayda Felisha Aziz dari SDN Sidanegara 04 dengan cerita berjudul “Santri Undik” dan Juara Harapan 3 diraih Novita Oktaviani dari SDN Wanareja 02 dengan judul “Kadipaten Penyarang”.

    Dewan Juri berasal dari guru-guru tingkat SMA, yakni Anang Nurasa dari SMAN 1 Cilacap, Sri Sudarmi SMAN 1 Maos dan Andhika Wicaksono dari SMAN 1 Cilacap.

    Pemenang lomba berhak membawa pulang piala dan uang pembinaan masing-masing untuk Juara 1 Rp 2.000.000, Juara 2 Rp 1.750.000, Juara 3 Rp 1.500.000, Juara Harapan 1 Rp 800.000, Juara Harapan 2 Rp 600.000 dan Juara Harapan 3 Rp 400.000. (my/kominfo)***


    Sumber : cilacapkab.go.id

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close