-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    Tingkatkan Mutu pendidikan Melalui MoU Antara MAN Purbalingga Dengan UIN SAIZU Purwokerto

    Ali Sobirin
    Kamis, 22 Februari 2024, 16.41.00 WIB Last Updated 2024-02-22T09:41:51Z

     

    Penandatanganan MoU Oleh MAN Purbalingga dan UIN SAIZU Purwokerto. (Foto Oleh Cokro)


    HARIANWANGON - UINSAIZU.AC.ID- Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto bersama Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purbalingga, melakukan Nota Kesepahaman dalam peningkatan mutu penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi. Kerjasama bakal terjalin kedua lembaga selama lima tahun.


    Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan Rektor UIN Saizu Purwokerto, Prof Dr H Ridwan MAg dan Kepala MAN Purbalingga, Prihantoro Achmad SPd MPdI di Ruang Sidang Senat, Gedung Rektorat Lantai 2, Kamis (22/2/2024). Turut menyaksikan para Pimpinan UIN Saizu Purwokerto dan jajaran terkait, serta Wakil Kepala di MAN Purbalingga.


    Rektor UIN Saizu Purwokerto, Prof Dr H Ridwan MAg menyampaikan, sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) berstatus Satker Badan Layanan Umum (BLU), pihaknya terbuka melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga. Salah satunya dengan MAN yang melaksanakan sistem pendidikan dan pengajaran agama Islam dan umum.


    Menurutnya, kedua belah pihak sepakat untuk membuat dan menandatangani Nota Kesepahaman dalam rangka Peningkatan Mutu Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi. Kedua belah pihak tentu akan bersama-sama melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi kedua lembaga.


    Hal ini dalam rangka meningkatkan mutu penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi, melalui pengembangan kelembagaan dengan memanfaatkan sumber daya yang dapat disediakan oleh masing-masing pihak. "Ruang lingkup Nota Kesepahaman ini meliputi berbagai bidang," ujarnya.


    Berbagai bidang yang akan membersamai kerjasama kedua lembaga, antara lain; dalam pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat, implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Selain itu

    peningkatan dan pemberdayaan sumber daya dan kegiatan lainnya.


    Untuk Nota Kesepahaman itu dibuat dan disepakati berlaku untuk jangka waktu lima tahun, terhitung sejak tanggal penandatanganan dan dapat diperpanjang atas kesepakatan dua pihak. "Kerjasama ini untuk mengokohkan hubungan kerjasama sinergis antara UIN Saizu dan MAN Purbalingga," tutur dia.


    Sementara itu, Kepala MAN Purbalingga, Prihantoro Achmad SPd MPdI menyebutkan, kerjasama itu tentu sangat penting. Karena madrasah tentu juga membutuhkan dukungan dari kampus, salah satunya Kampus UIN Saizu Purwokerto dalam berbagai hal. Seperti halnya mengenai pendidikan, penelitian dan penerapan merdeka belajar.


    "Perguruan tinggi banyak ilmuan-ilmuan yang mungkin kami bisa riset. Karena kami juga ada madrasah riset. Mungkin suatu saat kami bisa mendapatkan bimbingan riset bekerjasama dengan UIN ini. Juga tentang pengembangan keagamaan dan mutu pendidikan, serta lainnya bisa disinergikan," tuturnya.***


    Sumber : Cokro

    Editor : Also

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close