-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    Dosen Musik UIN Saizu Purwokerto Hadirkan Platform Digital dalam Pembelajaran Musik ke Mahasiswa

    Kang Agus
    Senin, 26 Februari 2024, 13.27.00 WIB Last Updated 2024-02-26T06:27:39Z

     Dosen Musik UIN Saizu Purwokerto Hadirkan Platform Digital dalam Pembelajaran Musik ke Mahasiswa. (Foto; Humas UIN Saizu)


    HARIANWANGON
    - Dosen Musik Kampus UIN Saizu Purwokerto, Fajry Subhan Syah Sinaga menghadirkan pembelajaran musik dengan menggunakan platform digital mussica.com, 

    Senin (26/2/2024). Pembelajaran dilakukan di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD).


    Menurut Fajry Subhan, platform ini bisa menjadi alternarif mereka dalam belajar atau mengajarkan musik ketika terjun langsung di lapangan. Baik saat para mahasiswa melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau setelah para mahasiswa lulus dan terjun dunia kerja di sekolah.


    Lebih lanjut dia menyampaikan, saat ini banyak sekali platform digital yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran, baik itu diakses dari gadget maupun laptop. Mata Kuliah Pendidikan Seni Musik dan Seni Suara AUD, adalah mata kuliah wajib yang harus ditempuh pada semester empat.


    Menurut Andika, salah satu mahasiswa AUD B, pembelajaran musik hari ini sangat menarik karena banyak hal baru dan interaktif. Komentar itu turut serta disambut teman-teman mahasiswa AUD B. Mereka mengaku, pembelajaran musik sangat menyenangkan. Mereka bisa belajar bernyanyi, menulis notasi hingga solfegio.


    Dijelaskan oleh Fajry, kecerdasan musikal yang harus dimiliki oleh calon pendidik AUD terdiri dari tiga, yaitu sight reading atau kecerdasan dalam membaca notasi musik, sight singing atau kecerdasan dalam menyanyikan notasi musik dan sight writing atau kecerdasan dalam menuliskan notasi yang didengar secara langsung.


    Harapannya, pembelajaran di seluruh UIN akan terus berkembang mengikuti perkembangan dan tuntutan zaman. Salah satunya, kata dia, adalah memanfaatkan platform digital maupun Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, yang bisa digunakan secara gratis.


    Namun, lanjut dia, yang perlu diperhatikan juga, para mahasiswa harus tetap mengedepankan etika maupun kaidah ilmiah dalam menggunakan platform digital tersebut.



    Sumber: Tim Humas UIN Saizu


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close