-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    SDN Kebonharjo Kapanewon Samigaluh Datangkan Pelatih Wayang Wong dari Grup Pringtali

    Ali Sobirin
    Jumat, 06 Oktober 2023, 13.15.00 WIB Last Updated 2023-10-06T09:39:48Z

    Suasana Ekstra Kemataraman Wayang Wong Yang Diadakan Oleh SDN Kebonharjo Kapanewon Samigaluh DIY 5/10. (Gambar Diambil dari Tangkapan Video Anik)

    HARIANWANGON - SDN Kebonharjo Samigaluh Kabupaten Kulonprogo DIY kamis kemarin, 5 Oktober 2023 pukul 13.00 WIB telah melakukan kegiatan tambahan berupa latihan Wayang Wong (Wayang Orang) di ruang kelas, kegiatan ini dilakukan setiap hari kamis di setiap pekannya.

    Melalui salah satu tenaga pendidiknya (Anik) kepala sekolah SDN Kebonharjo Samigaluh menyampaikan kepada Tim Harian Wangon jika kegiatan tambahan atau biasa disebut ekstrakurikuler ini sebagai bentuk pelestarian budaya seni terutama wayang wong yang kian hari semakin surut akan kecintaan para remaja terhadap budaya seni wayang wong ini, tutur Anik.

    Dalam kegiatan berlatih SDN Kebonharjo Samigaluh mendatangkan langsung pelatih dari Group Wayang Wong Padukuhan Pringtali Kelurahan Kebonharjo Kapanewon Samigaluh, tambahnya.

    Tampak Tariyo (Pelatih dari Grup Pringtali) Membina Siswa SDN Kebonharjo Samigaluh dalam Ekstra Kemataraman Wayang Wong. (Foto Dok. Anik)

    Untuk kegiatan ekstrakurikuler seni wayang wong ini kami sebut "Ekstrakurikuler Kemataraman".

    Tariyo dan Murtono pelatih dari Group wayang wong pringtali memberikan ucapan terimakasih yang mendalam dikarenakan jarang sekali Sekolah Dasar maupun setingkat di atasnya sekalipun mengadakan ekstrakurikuler kebudayaan seni wayang wong seperti yang dilakukan di SDN Kebonharjo Samigaluh ini, ungkapnya.

    "Pasalnya seni wayang wong ini kurang diminati bagi kaula muda", sambung Murtono.

    Maka dengan adanya Kemataraman wayang wong ini merupakan salah satu bentuk pelestarian budaya Indonesia terlebih di wilayah DIY, pungkasnya.***



    Sumber : Anik (Tenaga Pendidik SDN Kebonharjo Samigaluh DIY)

    Editor : Moch. Ali Sobirin
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close