-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    Manfaat Literasi Biasanya Dikaitkan Dengan Kualitas Yang Dimiliki Suatu Bangsa

    Ali Sobirin
    Jumat, 06 Oktober 2023, 10.29.00 WIB Last Updated 2023-10-06T03:29:39Z


    Beberapa Siswa Sedang Membaca di Perpustakaan Al-Kindi SMK Ma'arif NU 1 Wangon Kabupaten Banyumas 6/10/2023. (Foto Dok. Tim Harian Wangon)

    HARIANWANGON - Literasi tentunya sangat penting bagi kita semua, dengan memperbanyak membaca tentu kita akan semakin paham dan menambah wawasan dalam diri.

    Tim Harian Wangon pagi hari ini Jumat, 6 Oktober 2023 dalam keheningan telah melansir sejenak artikel terkait manfaat literasi itu sendiri.

    Melansir dari www.dwtik.com pengertian literasi yang dikutip dari KBBI bahwa arti dari literasi adalah kemampuan membaca dan menulis atau pengetahuan atau ketrampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu atau kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup.

    UNESCO Mengartikan literasi adalah sebagai rangkaian pembelajaran atau kemahiran dalam membaca, menulis dan menggunakan angka. Namun konsep literasi tidak hanya berhenti sampai disitu saja karena literasi terus berkembang.

    Adapun manfaat literasi biasanya dikaitkan dengan kualitas yang dimiliki oleh suatu bangsa, kualitas suatu bangsa sendiri ditentukan kecerdasan dan pengetahuan yang merupakan hasil dari ilmu pengetahuan yang di dapat.

    Salah satu kepentingan literasi merupakan hak atas pendidikan yang tentunya dimiliki oleh setiap orang, kemampuan literasi ternyata dapat dianggap dapat meningkatkan kehidupan dengan cara memperluas kemampuan.

    Hal ini bermanfaat dapat mengurangi kemiskinan, meningkatkan partisipasi dalam pasar tenaga kerja dan berdampak positif pada kesehatan dan pembangunan berkelanjutan.

    Adapun jenis-jenis literasi dasar adalah sebagai berikut:
    1. Literasi baca tulis
    Merupakan kecapakan yang dimiliki oleh individu untuk memahami isi teks tertulis, baik yang maknanya tersirat maupun tersurat.
    2. Literasi numerasi
    Merupakan kecakapan untuk menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terdapat pada matematika dasar, hal ini digunakan untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari.
    3. Literasi sains
    Merupakan kecakapan yang digunakan untuk memahami fenomena alam dan yang ada di sekitar kita dalam pengambilan keputusan dengan tepat secara ilmiah.
    4. Literasi digital
    Merupakan kecakapan menggunakan media digital dengan memiliki etika dan tanggungjawab untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi.
    5. Literasi finansial
    Merupakan kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman tentang konsep, risiko, ketrampilan dan motivasi yang digunakan dalam konteks finansial.
    6. Literasi budaya dan kewargaan
    Merupakan kecakapan dalam memahami dan bersikap kepada kebudayaan Indonesia sebagai identitas bangsa. Kecakapan ini juga membantu kita untuk memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia.***


    Sumber : Dilansir dari artikel www.detik.com
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close