-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    Jadikan Youghurt dari Umbi Gembolo Tutur Winda Ketua Tim Program Kreativitas Mahasiswa UNSOED Purwokerto

    Adimaki
    Senin, 16 Oktober 2023, 13.46.00 WIB Last Updated 2023-10-16T07:09:17Z

     

    Tim Kreativitas Mahasiswa Unsoed Sedang Melakukan Pemanfaatan Umbi Gembolo Menjadi Youghurt. (Foto Dok. Humas Unsoed Purwokerto) 

    HARIANWANGON - Tim Program Kreativitas Mahasiswa – Riset Eksakta (PKM-RE) kolaborasi Program Studi Teknologi Pangan dan Ilmu Gizi, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto melakukan pemanfaatan umbi gembolo yang berpotensi sebagai substrat prebiotik dalam pembuatan yoghurt sinbiotik sebagai pangan fungsional.

    Kesehatan pencernaan adalah salah satu fokus kesehatan yang sering disepelekan. Mulai dari pola makan yang tidak terjaga hingga konsumsi makanan yang berbahaya untuk pencernaan. Dari berbagai penyakit pencernaan, WHO menyatakan kanker usus dan diare menempati urutan ke-6 dan ke-7 penyebab kematian terbanyak. Solusi untuk mencegah penyakit tersebut dapat dilakukan dengan berbagai hal, salah satunya mengonsumsi yoghurt.

    Yoghurt merupakan produk hasil fermentasi dari susu yang ditambahkan probiotik sebagai starter-nya. Probiotik yang digunakan dapat berupa Lactobacillus acidophillus dan Bifidobacterium sp. Saat ini, telah dikembangkan pula yoghurt sinbiotik yang mengandung probiotik dan bahan prebiotik. Kombinasi antara keduanya memberikan manfaat yang lebih sempurna dibanding yoghurt komersial karena prebiotik berperan sebagai penyedia nutrisi dan substrat untuk fermentasi bakteri probiotik di dalam usus.

    Adanya peluang ini dimanfaatkan oleh Tim Program Kreativitas Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman dengan ketua Winda Dwi Setiyo Rini beserta anggota tim yang terdiri dari Anita Khairunnisa, Fathiya Laela Sari, dan Tantra Suraduhita Prayitno dalam bimbingan Prof. Dr. Nur Aini, S.TP., M.P. Tim PKM-RE ini sukses membuat yoghurt sinbiotik dengan penambahan ingredient umbi gembolo sebagai sumber prebiotik.

    Dalam umbi gembolo terkandung glukomanan serta inulin yang berpotensi sebagai prebiotik karena sifatnya yang tidak dapat dicerna oleh enzim-enzim pencernaan, tetapi dapat difermentasi oleh microflora dalam usus besar. Adanya penambahan prebiotik diharapkan dapat meningkatkan manfaat yoghurt serta mempertahankan viabilitas bakteri asam laktat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

    Penelitian yang dilakukan harus melalui berbagai proses, meliputi persiapan bahan baku, penepungan umbi gembolo, pembuatan starter, pembuatan yoghurt sinbiotik, dan pengujian meliputi kadar pH, total asam tertitrasi, total bakteri asam laktat, dan uji sensoris.***


    Sumber : Humas Unsoed

    Editor : Moch. Ali sobirin



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close