-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    Aya Asal Pulau Borneo Kutai Kartanegara Lakukan Reading Day tiap Hari Pantas di Juluki Pejuang Literasi

    Adimaki
    Senin, 16 Oktober 2023, 10.25.00 WIB Last Updated 2023-10-16T03:25:50Z

    Sri Nurhayati Asal pulau Borneo (Tenggarong) pejuang literasi bagi anak-qnak usia Sekolah Dasar. (Foto Diambil dari FB Tanoto Foundation).

    Mengajar di SDN 003 Tenggarong, Kutai Kartanegara, Sri Nurhayati, yang tergabung dalam tim literasi selalu memiliki passion pada bidang literasi. Akrab disapa Aya, ia kini menjabat sebagai wali kelas 1 SD di sekolahnya.

    Aya mempelajari tentang literasi siswa sejak tahun 2018, berbagai program literasi ia terapkan dalam kegiatan pembelajaran, mulai dari penggunaan big book dan pojok baca, hingga kegiatan membaca terbimbing.

    Berbekal pengetahuan dari pelatihan, kini sekolahnya menyediakan banyak buku yang disesuaikan dengan jenjang kelas siswa masing-masing, membangun pondok baca berbentuk gazebo dengan buku bacaan, hingga melaksanakan program membaca senyap dan Reading Day.

    Tiap pagi selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, siswa dibiasakan mengikuti kegiatan membaca senyap, di mana Aya menyediakan berbagai buku untuk dibaca oleh siswa. Sekolah Aya juga mengadakan Reading Day, di mana tiap kelas dijadwalkan untuk berkunjung ke perpustakaan. Selain itu, di tiap akhir bab pembelajaran, Aya selalu mendongeng serta menjelaskan tentang unsur ADIKSIMBA dalam cerita agar siswa menjadi lebih paham.

    Kegiatan literasi siswa di sekolah Aya pun berbuah manis. Salah satu siswanya berhasil menjadi pemenang lomba mendongeng bahasa daerah tingkat provinsi pada tahun 2023. Melihat bakatnya sebagai pendongeng cilik, guru-guru di sekolah Aya mulai membimbing sang siswa sejak kelas 3 SD, hingga akhirnya berhasil meraih prestasi ini saat kelas 5 SD. Sebagai bagian dari selebrasi, siswa tersebut juga diundang ke Jakarta untuk tampil dan membawa nama sekolah serta daerahnya.

    Tak hanya di sekolah, Aya juga terus memperjuangkan literasi dengan bergabung bersama komunitas pegiat literasi di daerahnya dan mendongeng di area publik pada kegiatan Oke Dongeng. Dilakukan di taman tiap Jumat sore, kegiatan ini diikuti oleh anggota komunitas dari berbagai profesi, termasuk petugas perpustakaan yang menyediakan buku dongeng anak-anak untuk Aya bacakan di taman.***



    Sumber : FB Tanoto Foundation & Guru Inspiratif
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close