-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    SDN Kebonharjo Yogyakarta Adakan Life Skill bagi Siswa-Siswinya

    Kang Agus
    Selasa, 13 Juni 2023, 00.28.00 WIB Last Updated 2023-06-12T17:28:52Z

    SDN Kebonharjo Yogyakarta Adakan Life Skill bagi Siswa-Siswinya. Foto: Istimewa
    HARIANWANGON - Sekolah Dasar Negeri Kebonharjo Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta pagi ini Senin, 12 Juni 2023 pukul 09.00 WIB telah dilakukan kegiatan pembuatan minuman serbuk kunir asam. 


    SDN Kebonharjo Yogyakarta telah memberikan bekal pengalaman dan keahlian kepada siswa dan siswinya kelas enam, guru pembina Anik membeberkan kepada tim Harian Wangon jika kegiatan semacam ini sebagai bentuk life skill yang ditanamkan kepada siswa-siswi. 

    Terlihat beberapa anak di bawah rindangnya pohon jambu ia mulai melakukan aktifitas membuat serbuk kunir asam. Terlihat ada yang mengupas kunyit, dan menghaluskan kunyit.


    Beberapa saat kemudian dikeringkan dan dicampur dengan asam, SD Negeri Kebonharjo adalah sebuah sekolah di Pegunungan Menoreh bagian utara Kabupaten Kulon Progo.


    Dengan memanfaatkan kekayaan alam yang ada di sekitar masyarakat menoreh, maka guru pembimbing melihat peluang tersebut menjadi sebuah ide dan kreatifitas siswa-siswinya. 

    "Kegiatan life skill ini biasa dilaksanakan di akhir semester genap, salah satunya mengisi waktu luang menunggu raport, mengenalkan tumbuhan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, dan tentunya mencetak jiwa produktif pada siswa," terang Anik. 


    Serbuk kunir asam tersebut dikemas dan dipasarkan kepada warga, Hasilnya sungguh mencengangkan, ekstrak jamu kunir asem langsung habis terjual hari ini. Hal ini tentu menambah semangat siswa untuk berkarya.


    Dalam kemasan kunir asam kita isi 20 gram, dan harga jual 1000 rupiah. Para siswa mengaku merasa senang dengan kegiatan ini, karena mereka dapat belajar banyak hal di luar kelas (Outing Class). 


    "Dengan kegiatan ini diharapkan siswa mencintai lingkungan, kreatif, mau mengkonsumsi produk lokal," pungkas Anik ***

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close