-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    Dosen Unsoed Mendapat Kesempatan Tunaikan Haji Bersama Istri

    Ali Sobirin
    Rabu, 21 Juni 2023, 14.14.00 WIB Last Updated 2023-06-21T08:05:27Z


    Dr.Ir.Nurul Hidayat,SPt.,M.Kom. beserta istri Dr.dr.Setiawati,M.Sc.

    HARIANWANGON - Dosen Jurusan Informatika Fakultas Teknik Unsoed Dr.Ir.Nurul Hidayat,SPt.,M.Kom. beserta istri Dr.dr.Setiawati,M.Sc. (Dosen Fakultas Kedokteran Unsoed) mendapat kesempatan untuk menunaikan ibadah haji.

    Dr.Ir.Nurul Hidayat,SPt.,M.Kom. bersama calon jamaah haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 75 Gelombang Kedua asal Kabupaten Banyumas diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan (Asrama Haji Embarkasi Solo) Kabupaten Boyolali pada tanggal 15 Juni 2023 dan masuk asrama pukul 16.00. Embarkasi Solo (SOC) adalah salah satu dari 13 embarkasi yang tersebar di sejumlah daerah di Indonesia.

    Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik Unsoed Dr.Enha (sapaan akrab Dr.Ir.Nurul Hidayat,SPt.,M.Kom) kepada Ir.Alief Einstein dari kafapet-unsoed.com menjelaskan bahwa pada pukul 10.30 WIB. Jum'at 16 Juni 2023 dimulai serangkaian kegiatan sebelum calon jemaah ke bandara, di antaranya mandi untuk sholat Jumat juga diniati untuk mandi sunnah ikhrom. Bapak-bapak mengikuti Sholat Jum'at dan sekaligus Sholat Ashar jamak taqdim qoshor. Ibu-ibu Sholat Dzuhur - Ashar jamak taqdim qoshor. Kemudian packing koper dan dokumen. Pastikan tidak ada barang terlarang yang dibawa dan dokumen penting di tas paspor.

    Menurut Dr.Enha sekitar pukul 13.00 - 14.00 WIB. Khusus jamaah bapak-bapak memakai kain ikhrom, pastikan sudah tidak memakai celana. Tutup kepala, kopyah masih boleh di pakai. Sedangkan Ibu-ibu memakai pakaian yang menutup aurat dan kaos kaki.

    Pada pukul 14.00 WIB. Jemaah turun menuju gedung Muzdalifah untuk pengecekan barang dan boarding pass dan acara pemberangkatan jemaah. Usai pemeriksaan dokumen, jemaah berangkat dengan bus dari embarkasi Haji Donohudan menuju bandara Adi Sumarno International Airport Solo. Berdo'a sebelum bus berangkat dan pastikan tidak ada barang bawaan yang tertinggal. Pukul 18.00 WIB. bus bergerak ke bandara dan langsung mengarah ke pesawat Garuda Jemaah langsung naik pesawat dengan diutamakan yang lansia lebih dulu. Duduk sesuai dengan nomor kursi. Ikuti petunjuk awak pesawat. Banyak berdzikir dan berdo'a. Pukul 18.55 WIB dan seterusnya berdo'a sebelum pesawat lepas landas dipandu TPIHI. Pesawat lepas landas, jemaah tenang, banyak berdzikir, berdo'a, ikuti petunjuk awak pesawat. Setelah situasi tenang, sabuk pengaman sudah bisa dilepas dan sudah masuk waktu Isya diumumkan untuk ber tayammum. Sholat Maghrib dan Isya berjamaah sambil duduk, jamak ta'khir qoshor, diimami oleh TPIHI. Viditasi jamaah oleh tim kesehatan dan petugas. Kemudian isitrahat dan tidur.

    Pukul 03.05 WAS (Waktu Arab Saudi) Sabtu 17 Juni 2023 pesawat Garuda mendarat di Bandara King Abdulaziz Internasional Airport (KAIA) Jeddah. Jemaah turun menuju imigrasi. Jemaah haji yang datang ke Arab Saudi melalui Kota Jeddah melaksanakan ibadah umrah wajib setelah tiba di Kota Mekkah. Perjalanan dari Jeddah ke Mekkah dengan bus berkecepatan sedang memakan waktu sekitar satu jam.

    Kedatangan jemaah Kloter 75 di Jeddah langsung diarahkan naik bus yang sudah terparkir di bandara menuju Mekkah. Pukul 04.00 WAS niat Umroh di dalam Bis. Pastikan semua jemaah sudah memenuhi ketentuan ikhrom. Dua helai kain putih tak berjahit untuk jemaah bapak-bapak dan tidak ada yang memakai celana, pakaian dalam, singlet, dan lain. Niat ihrom dipimpin oleh ketua kloter *Labbaika 'Umrotan.* Sholat Subuh di bis dalam perjalanan ke hotel. Bertayamum bagi yang belum berwudhu.

    Kloter 75 sampai Makkah Sabtu 17062023. Pukul 05.00 WAS turun dari bus menuju hotel. Bersabar menunggu arahan PPIH Arab Saudi. Menerima kunci kamar sesuai dengan kelompoknya. Harap bersabar jika koper belum sampai kamar. Jaga larangan-larangan ikhrom. Selanjutnya istirahat.

    Pukul 08.00 WAS (sesuai jadwal/ arahan petugas) yakni pelaksanaan umroh wajib tahap 1. Hanya untuk jamaah yang siap (sehat dan siap). Ikuti petunjuk muthowwif/pemandu dari maktab. Pahami lingkungan hotel dan bawa kartu hotel. Jaga keutuhan regu/rombongan. Laksanakan dengan sebaik baiknya. Kebersamaan, dan tolong menolong sesama jemaah. Diteruskan dengan umroh wajib bagi jemaah yang berikutnya. Ketua regu/rombongan memastikan semua jemaah selesai dan sempurna melaksanakan umroh wajib, ungkap Dr.Enha yang juga asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer.***
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close