-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    Takmir Nurul Falah Blora Siap Memakmurkan Masjid di Bulan Ramadan

    Kang Agus
    Kamis, 09 Maret 2023, 14.30.00 WIB Last Updated 2023-03-09T18:30:01Z

    Foto: InfoPublik

    HARIANWANGON
    - Pengurus Takmir Masjid Nurul Falah yang berada di RW V Perumnas Kelurahan Karangjati Kecamatan Blora Kabupaten Blora telah mempersiakan dengan baik dalam rangka untuk menyambut dan memeriahkan serta memakmurkan masjid selama bulan Ramadan.


    Bulan Ramadan 1444H/2023 M, yang juga bulan suci dan mulia, bulan penuh berkah dan bulan yang sangat ditunggu- tunggu oleh seluruh umat muslim untuk berlomba-lomba mendapatkan pahala dan kebaikan.


    Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Pengurus Takmir yang diketuai oleh H.Slamet Pamuji yang sehari-hari sebagai Kepala BPPKAD menyampaikan sebagai berikut bahwa kegiatan dalam bulan Ramadhan 1444H/2023 M diharapkan lebih baik,meriah dan ada perubahan serta perbaikan dibanding kegiatan Ramadan 1444H/2023 M.


    Untuk itu Ia meminta bantuan dan dukungan semua pihak yang ingin memakmurkan Masjid Nurul Falah selama bulan Ramadan.


    Dalam rapat pembentukan Pantia Amalan Ramadan 1444H/2023 M telah memberikan amanah kepada Pujianto Dirgomartono mantan Kabag Hukum Setda Blora sebagai Ketua.


    Dirinya siap melaksanakan amanah tersebut dengan semangat lagu wajib Maju Tak Gentar membela yang benar dan landasan keimanan untuk meningkatkan IBM (Ibadah, Bermanfaat dan Menghibur).


    Ia telah melaporkan hasil rapat panitia amalan Ramadan dengan rencana berbagai kegiatan yaitu salat tarawih dan subuh termasuk penjadwalan pemberi kultum koordinator H.Burhanudin.


    Salat Idul Fitri Imam dan Khotib dari luar Perumnas koordinator H.Larpin. Zakat Fitrah dan zakat mal yang diberikan fakir miskin , pekerja sosial dan gharib koordinator Damiri.


    Itikaf Sunah dan pesantren kilat untuk generasi muda selama 3 hari Koordinator H Puji Raharjo.


    Tadarus Al Quran selama 30 hari koordinator H.Sutardi. Konsumsi Tadarus,Takbiran Keliling dan Itakaf koordinator Ibu Hj Achmad Jajik Sutardji.


    Berikutnya, Pasar Murah dan Pengajian anak anak koordinator Dewi Tejowati. Kemudian berbagai kegiatan menjelang Bulan Ramadan diantaranya kegiatan Ruwahan dan kegiatan tahlilan Nifsu Syaban.


    Kegiatan tersebut diprakarsahi oleh Kyai Gaul (Agus Budi Sutrisno). Khusus untuk kegiatan ruwahan peserta yang ikut memberi infak yang hasilnya untuk menyantuni yatim piatu.


    Setiap tahun ibu majelis taklim Nurul Falah memberi santunan kepada Yatim piatu seperti yang sudah dilaksanakan pada tahun 2022 telah memberi santunan 288 orang masing mendapat dana Rp300.000 dan paket sembako.


    Kemudian juga telah dilaksanakan kegiatan khatam Al-Qur'an yang diselenggarakan oleh Majelis Khotmil Qur'an yang diketuai oleh H.Sutardi dan dibimbing langsung oleh Bapak KH Achmad Jajik Sutardji yang sehari-hari sebagai Imam di Masjid Nurul Falah.


    Dalam memberikan motivasi bagi jemaah yang telah khatam Quran yang bersangkutan mendapat piagam penghargaan seperti kemarin 8/3/2023 telah diberikan piagam penghargaan kepada bapak H Jasman.


    Kegiatan Khatam Al Qur'an sebagai iktiar mewujudkan insan paripurna sekaligus dalam menyiapkan diri menyambut Bulan Ramadan.


    Menurut H.Sutardi dalam mengayubagya bulan Ramadhan sebagai umat muslim kita harus SIAP menyongsong bulan penuh ampunan dan bulan penuh rejeki.


    SIAP sebuah akronim yang merupakan langkah langkah yang harus dipersiapkan diantaranya S:Sehat lahir batin harus dapat diwujudkan agar kita dapat melaksanakan ibadah puasa selama bulan Ramadan dengan baik dan lancar.


    Karena kesehatan adalah satu hal yang sangat penting.Apabila kesehatan terganggu pasti ibadah kita akan juga terganggu sehingga kita harus bisa menjaga kita sebaik baiknya.


    I-Ilmu harus dikuasahi karena untuk melakukan ibadah baik tentu kita harus berilmu atau mengetahui tata cara untuk melakukan ibadah tersebut secara benar agar kita memperoleh pahala.


    A-Ada niat dalam diri kita masing masing untuk menyambut dan beribadah dengan semangat suka cita dan ikhlas dalam bulan Ramadan.


    Karena dengan niat yang kuat tentunya akan membuat kita selalu tegar dan tetap bertahan tiap cobaan di dalam bulan suci.Ingat segala amalan mesti diawali dengan niat yang baik.


    P-Peralatan harus dipersiapkan dengan baik guna menujang kita dalam melaksanakan ibadah,misal pakai solat untuk solat tarwih,solat Fardu dan Al Qur'an untuk dibaca.Disamping itu dana juga harus dipersiapkan untuk bersedekah.


    Sebagai catatan bahwa Masjid Nurul Falah di Kabupaten Blora merupakan salah satu tempat ibadah yang bisa jadikan panutan dan motivator bagi umat Islam di Bumi Blora Mustika diantaranya Setiap bulan Ramadan di masjid Nurul Falah dapat dilaksanakan solat tarawih 11 rakaat dan 23 rakaat secara harmonis.


    Dalam setiap hari besar Iduladha selalu ada korban sapi yang jumlah cukup banyak seperti dalam Idul Adha 1443 ada 14 ekor sapi 5 ekor sapi untuk korban di masjid Nurul Falah dan 9 ekor sapi disalurkan ke takmir masjid diluar RW V Kelurahan Karangjati.


    Untuk memberikan pelayanan kepada umat bila ada kematian di Masjid Nurul Falah tersedia dua mobil satu mobil jenasah dan satunya lagi untuk mengangkut kelengkapan penyucian jenasah.


    Ada ungkapan dalam kesakitan teruji kesabaran,dalam perjuangan teruji keiklhasan,dalam ukhuwah teruji ketulusan,dalam tawakal teruji keyakinan.


    Hidup ini indah jika Allah jadi tujuan kita. Selamat menyambut datangnya bulan Rhamadan dengan semangat kegembiraan dan suka cita karena barang siapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadan, maka Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka.



    Sumber: InfoPublik.id

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close