-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    Sulaiman Lestarikan Tradisi Keba, Ini Pertanda Siap Jadi Ayah

    Kang Agus
    Jumat, 17 Maret 2023, 17.48.00 WIB Last Updated 2023-03-17T10:48:26Z

    Foto: Sulaiman
    HARIANWANGON - Istilah angger kumpul mesti madiang "ungkapan bahasa Jawa yang artinya tiap kali kumpul pasti makan" Ini erat dengan budaya Indonesia, kerap kita melihat dalam acara apapun yang diselenggarakan baik pribadi, maupun kemasyarakatan tentu tidak lepas yang namanya makan-makan. 


    Sulaiman calon bapak dari anaknya kelak yang sekarang sudah dikandung istrinya selama tujuh bulan.


    Sulaiman menyampaikan kepada tim harian wangon bahwa dalam adat Jawa banyumasan ada istilah keba, dalam kegiatan tersebut awalnya di mulai dengan kirim doa, baik doa buat ahli kubur dan keselamatan buat keluarga. Setelah acara doa bersama selesai, pihak keluarga ada yang menabur uang koin baik lima ratus rupiah maupun seribu rupiah. Jumlah uang yang disebar sesuai kemampuan keluarga yang punya hajat, ungkapnya. 


    Ada yang nyebar uang sebanyak lima ratus ribu rupiah ada yang satu juta rupiah ada yang lebih dari itu. 



    Ia pun menyatakan yang mengikuti jukut duwit (ambil uang), mulai dari anak-anak, remaja sampai ibu-ibu pun ikut gabung rebutan duwit sing disebar (tambahnya dengan bahasa Jawa). 


    Ia meresa senang dan bersyukur hari ini kandungan istrinya sudah menginjak tujuh bulan, artinya dua bulan lagi saya akan menjadi bapak (dengan rasa bahagia sambil tersenyum khas).

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close