-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    Sobirin Melalui Khutbah Jum'atnya Menjelaskan 3 Keutamaan Bulan Sya'ban

    Kang Agus
    Jumat, 17 Maret 2023, 13.15.00 WIB Last Updated 2023-03-17T06:15:59Z

    Foto: Tim Harian Wangon

    HARIANWANGON
    - Sholat jumat adalah kegiatan rutin dan wajib bagi laki-laki yang memeluk agama Islam, biasa menyebutnya Jumatan, dalam rangkaian Jumatan tersebut ada muadzin (orang yang mengumandangkan adzan), dan ada khotib (orang yang khutbah jumat), setelah selesai khutbah barulah dilaksanakan sholat jumat dua rakaat. 


    Masjid Mannah Romadhoni Karangjengkol (kompleks SMK Ma'arif NU 1 Wangon), menjadi salah satu masjid yang mempunyai ciri khas tersendiri dalam melaksanakan sholat jum'at. 


    Dengan posisi di lingkungan sekolah maka adzan jumat selalu dimulai pukul 12.00 wib, jika waktu dzuhur maju maka masjid mannah romadhoni tetep kekeh dengan jadwal yang sudah biasa dilakukan, mengingat waktu anak-anak sekolah istirahat adalah pukul 11.50 menit. 


    Siang ini khutbah disampaikan oleh Sobirin, yang mengupas tentang keutamaan bulan sya'ban, dalam khutbahnya ia menyampaikan bahwa bulan sya'ban terhimpit oleh bulan mulia (rajab dan ramadhan) maka dengan itu sya'ban menjadi bulan yang sering tidak diperhatikan oleh masyarakat. Terangnya 


    Keutamaan bulan Sya'ban di antaranya ;

    1. Diturunkannya ayat Al-Quran yang memerintahkan kita semua untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad

    2. Diturunkannya perintah berpuasa wajib (ramadhan) 

    3. Sejarah di mulainya ka'bah menjadi kiblat ummat Islam yang sebelumnya adalah Masjidil Aqsha.

     

    Diakhir khutbahnya Sobirin mengajak para jamaah untuk meningkatkan kedekatan kepada Allah SWT melalui kontemplasi dzikir, dan melakukan kebaikan baik kepada manusia maupun kepada Allah SWT. Pungkasnya*

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close