-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    Pola Pikir Berkembang yang Harus Dimiliki dan Wajib Dihindari

    Kang Agus
    Kamis, 16 Maret 2023, 10.00.00 WIB Last Updated 2023-03-16T10:18:41Z

    Foto: pixabay

    HARIANWANGON
    - Terdapat dua jenis pola pikir yang bisa kita tanamkan. Yang pertama yaitu pola pikir meyakini bahwa masalah adalah kesempatan untuk belajar dan berkembang. Sedangkan pola pikir yang kedua menganggap jika masalah merupakan sesuatu yang perlu dihindari. Seseorang yang menghindari masalah memiliki pola pikir tetap, sedangkan seseorang yang melihat masalah sebagai tantangan punya pola pikir berkembang.


    Seseorang bisa memiliki pola pikir tetap karena percaya bahwa kualitas dasar seperti kecerdasan dan bakat tidak dapat diubah. Sementara itu, seseorang dengan pola pikir berkembang percaya kalau kemampuan bisa diasah dengan latihan. Pandangan ini membuatnya bisa menikmati proses pembelajaran. Baginya, kehidupan adalah petualangan yang mengasyikkan karena adanya peluang tanpa batas untuk mempelajari sesuatu yang baru.


    Untuk membangun pola pikir berkembang, Dr. Carol Dweck, profesor Stanford University, menyarankan untuk mengapresiasi usaha. Contohnya, guru perlu mengapresiasi nilai murid apabila murid tersebut sudah berusaha. Kemudian, orangtua dapat menyemangati anaknya untuk mengembangkan keterampilan yang diminati. Hal ini dapat membuat sang anak menikmati proses pembelajaran.



    Kontributor: Kamilia Yasmin Muafa mahasiswa aktif semester 6 di Universitas Negeri Semarang

    Editor: Agus Triono

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close