-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    Orang Tua Harus Tahu Ternyata Begini Dampak Trauma pada Anak

    Kang Agus
    Rabu, 15 Maret 2023, 10.27.00 WIB Last Updated 2023-03-15T03:29:22Z


    HARIANWANGON - Adanya trauma di masa kecil tentu memberikan dampak negatif di kehidupan kita. Anak yang kondisi fisik dan mentalnya ditelantarkan orangtuanya lebih sering mengalami gangguan kecemasan. Akibatnya, hormon stres mulai meningkat. Jika kondisi ini sering terjadi, pertumbuhan otak akan terganggu karena perkembangan emosional dan kognitif sang anak kurang optimal. Hal ini dapat memengaruhi kehidupannya hingga ia dewasa.


    Kurangnya perkembangan kognitif pada anak bisa memicu rendahnya IQ. Hal ini karena trauma dapat menghambat proses berbicara dan kemampuan berpikir kreatif. Kurangnya nutrisi utama untuk anak juga dapat menghambat pertumbuhannya. Ditambah, kekerasan fisik pada sang anak bisa menyebabkan cedera yang serius.


    Apabila anak ditelantarkan secara emosional, hal ini dapat memicu gangguan kecemasan. Selain itu, penilaian sang anak terhadap hubungan manusia mungkin akan berubah. Sulit baginya untuk memercayai orang lain. Ketika dewasa, ia juga lebih mudah mengalami depresi, insomnia, dan kecemasan sosial.



    Kontributor: Kamilia Yasmin Muafa mahasiswa aktif semester 6 di Universitas Negeri Semarang

    Editor: Agus Triono


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close