-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    11 Tahun Tertidur, kini Stasiun Jeruklegi Kembali Melayani Pelanggan KA

    Kang Agus
    Senin, 06 Maret 2023, 08.54.00 WIB Last Updated 2023-03-06T01:54:12Z

    Foto: Saladin Ayyubi

    HARIANWANGON
    - Tepat di tanggal 1 Maret 2023, setelah kurang lebih 11 tahun tidak ada kereta api yang berhenti di Stasiun Jeruklegi, stasiun tersebut kembali melayani naik turun penumpang. Dengan demikian, KA lintas selatan yang sebelumnya berjalan langsung  atau hanya bersilang, akhirnya berhenti untuk melayani naik dan turun penumpang.


    "Kembali beroperasinya Stasiun Jeruklegi melayani penumpang, bertujuan untuk mengakomodir permintaan masyarakat Cilacap sekaligus memudahkan dan memberikan pilihan moda transportasi KA kepada masyarakat khususnya di sekitar Stasiun Jeruklegi, dimana sebelumnya apabila masyarakat Jeruklegi yang berkeinginan menggunakan moda transportasi KA harus menuju stasiun Maos atau Cilacap," jelas Vice President PT KAI Daop 5 Purwokerto, Daniel Johannes Hutabarat, Rabu (1/3).




    Saat ini menurut Daniel, Stasiun Jeruklegi masih melayani satu perjalanan  kereta api jarak jauh (KAJJ) pulang pergi (PP) yaitu KA Kutojaya Selatan relasi keberangkatan dari Stasiun Kutoarjo tujuan Stasiun Kiaracondong. Adapun jam keberangkatan untuk KA Kutojaya Selatan relasi Jeruklegi-Kiaracondong datang pada pukul  12.12 dan berangkat 12.26, sedangkan jam kedatangan relasi dari Kiaracondong-Jeruklegi tiba di Stasiun Jeruklegi pada pukul 02.56 dan diberangkatkan kembali 03.05. Nantinya untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan sekaligus menambah keleluasaan kepada pelanggan dalam memilih jadwal KA maka KA Baturraden Ekspress dan KA Serayu akan dilayani pula di Stasiun Jeruklegi.


    “Masyarakat yang berkeinginan untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan KA Kutojaya Selatan berangkat atau naik dari Stasiun Jeruklegi, saat ini dapat melakukan pemesanan tiket dengan mengakses melalui aplikasi resmi KAI Access serta channel eksternal lainnya yang telah bekerja sama dengan KAI. Dan apresiasi luar biasa untuk sepuluh pelanggan pertama pada KA Kutojaya Selatan yang naik dari Stasiun Jeruklegi telah membeli tiket dengan menggunakan aplikasi KAI Access,” imbuh Daniel. 



    Untuk reaktivasi angkutan penumpang di stasiun Jeruklegi, PT KAI Daop 5 Purwokerto telah melakukan sejumlah persiapang guna mendukung layanan penumpang. Diantaranya mempersiapkan Check-in Counter (CIC), pintu boarding dan menyediakan juga beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti fasilitas tempat parkir, ruang tunggu, toilet, mushola dan fasilitas layanan penumpang lainnya.


    "Kembali berhentinya kereta api di stasiun Jeruklegi, diharapkan akan dapat memberikan alternative moda transportasi sekaligus memberikan kemudahan transportasi yang nyaman, aman dan tepat waktu bagi masyarakat," pungkas Daniel sekaligus mengakhiri keterangannya.



    Sumber berita: Saladin Ayyubi

    Editor: Agus Triono

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close