-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    Sempat Viral, Mak Benah Lansia Sebatang Kara di Tambora Jakarta Barat Kini Bisa Hidup Lebih Sehat dan Nyaman

    Kang Agus
    Senin, 13 Februari 2023, 15.16.00 WIB Last Updated 2023-02-13T08:20:17Z

    Mak Benah mendapatkan bantuan dari Kemensos. (Sumber gambar : kemensos.go.id)

    HARIANWANGON
    Sentra Handayani Kemensos merespon cepat berita yang viral mengenai lanjut usia yang hidup sebatang kara di Tambora, Jakarta Barat. Hal ini sesuai dengan  dengan arahan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini   yang memberikan perhatian khusus terkait kasus ini. 


    Adalah Nek Benah (76) lansia yang hidup sendirian karena sang suami dan putra semata wayangnya yang telah menyusul sang ayah pada Desember 2021 silam serta  orang cucu yang tidak diketahui keberadaannya.

    Nek Benah (76) semakin sulit hidupnya setelah tidak lagi bekerja pasca operasi sendi tumit pada kaki kanan yang mengakibatkan kesulitan dalam beraktivitas sehingga menggunakan tongkat untuk membantu mobilitasnya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Karena kondisi tersebut, Nek Benah menggantungkan hidup sehari-harinya  pada tetangga sekitar. 

    Tinggal di sebuah rumah petak dengan luas 2,5 x 5 m²  yang di huninya sejak tahun 1972, Mak Benah tak pernah merasakan hangatnya cahaya matahari karena ventilasi rumah yang tidak memadai sehingga menjadikan rumah lembab, bau dan banyak tikus serta kecoa berkeliaran disekitar rumah. Hal tersebut juga membuat kondisi kesehatan Mak Benah semakin menurun. 

    Mewakili Kepala Sentra Handayani di Jakarta Plt. Kepala Sub bagian Tata Usaha, Meerada Sariaty segera mengerahkan Tim untuk menindaklanjuti laporan tersebut. Bersama dengan Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia, Tim Sentra Handayani memberikan pelayanan kesehatan dan menyerahkan bantuan Atensi berupa perbaikan rumah, paket nutrisi dan kebersihan diri serta perabotan rumah tangga senilai Rp. 7.541.400,-.

    Bantuan Atensi diserahkan secara langsung oleh Koordinator Pokja Lansia Sentra Handayani Jakarta, Dyah Wijayanti bersama dengan Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia, Dinas Sosial Jakarta Barat, UPTD Puskesmas Tanah Sareal, Kecamatan Tambora serta Kelurahan Tanah Sareal. 

    Saat ini Mak Benah sudah dapat merasa  senang karena rumahnya sudah mulai di perbaiki dan ditata kembali dibantu oleh pihak Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) Kelurahan Tanah Sereal. Semoga Mak Benah bisa merasa lebih nyaman dan lebih sehat menjalani masa tuanya di rumahnya yang sederhana. 



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close