-->
  • Jelajahi

    Copyright © Harian Wangon | Pelopor Media di Banyumas Barat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ads

    Menu Bawah

    Kisah Bos Alfamart yang Dulu Bantu Ibu di Warung, Kini Jadi Kaya Raya

    Kang Agus
    Minggu, 12 Februari 2023, 13.36.00 WIB Last Updated 2023-02-12T06:37:38Z

    Djoko Susanto bos Alfamart. (Sumber Gambar : ultratimes

    HARIANWANGON
    - Setelah meninggalkan bangku SMA pada 1966, Kwok Kwie Fo atau Djoko Susanto mengawali kariernya di perusahaan perakitan radio sebagai pegawai biasa. Namun, di sana dia tidak betah. Alhasil, Djoko memilih membantu bisnis kelontong ibunya bernama Toko Sumber Bahagia di Petojo, Jakarta.


    Penyuplai utama toko Sumber Bahagia adalah PT HM Sampoerna. Pabrik rokok itu menjadikan Sumber Bahagia sebagai distributor rokok Gudang Garam. Penjualan di sana mendapatkan hasil positif. Rokoknya laku keras di pasaran. Karena inilah, Djoko ditarik menjadi pegawai Gudang Garam di bawah naungan PT HM Sampoerna pada akhir 1986.


    "Pertemuannya dengan Putera Sampoerna, bos PT HM Sampoerna akhir 1986 mengubah nasibnya secara total. Ia diangkat menjadi direktur penjualan PT Sampoerna yang membawa PT HM Sampoerna ke peringkat kedua terbesar setelah Gudang Garam," tulis Sam Setyautama dalam Tokoh-Tokoh Etnis Tionghoa Di Indonesia (2008)


    Kepiawaiannya memasarkan rokok membuatnya juga dipercaya menjadi direktur PT Panarmas yang menjadi distributor rokok Sampoerna. Di posisi inilah, Djoko turut serta memasarkan merek baru Sampoerna bernama Sampoerna A Mild di tahun 1989. Kelak, rokok ini menjadi salah satu yang populer di Indonesia.



    Ketika memasarkan rokok baru inilah, Djoko mendirikan PT Alfa Retailindo pada 1989 usai mengubah gudang Sampoerna di Jl Lodan No. 80.


    "Dengan modal Rp 2 miliar, gudang itu disulap menjadi Toko Gudang Rabat, dengan 40% saham dimiliki Puetera Sampoerna, dan sisanya dimiliki Kwok Kwie Fo (alias Djoko Susanto)," tulis Sam Setyautama


    Toko Gudang Rabat itu jadi cikal bakal Alfa. Mulanya, difungsikan sebagai distributor rokok baru Sampoena, tetapi perlahan jadi toko kelontong yang menjual berbagai macam barang. Toko Gudang Rabat kemudian berkembang besar dan memiliki banyak cabang di beberapa kota Indonesia. 


    Pada tahun 1990-an, Gudang Rabat menjelma menjadi retail pesaing Indomaret bentukan Salim Group dengan memiliki 32 gerai. Namanya kemudian berubah menjadi Alfa Minimart di bawah PT Sumber Alfaria Triyaja pada 18 Oktober 1999.


    Alfa Minimart berupaya mirip dengan Indomaret, yakni minimarket yang bisa dijangkau masyarakat secara dekat. Bangunan pertamanya di Jl. Beringin Raya, Tangerang. 


    Keberadaan Alfa Minimart mendapat respons positif dari masyarakat. Penjualannya naik. Djoko segera dapat durian runtuh,


    "Alfa dinyatakan go public pada 18 Januari 2000. Saat itu nilai kapitalisasi pasar Alfa ditaksir mencapai US$ 108,29 juta," tulis buku Kaum Supertajir Indonesia (2008)


    Sejak 1 Januari 2003, Alfa Minimart berubah men­jadi Alfamart. Putera Sampoerna ikut menyuntikkan modalnya dan kemudian Alfamart beranak-pinak seperti sekarang. Gerainya mencapai ribuan 3.000 gerai. Setelah HM Sampoerna dijual kepada Phillips Morris, Alfa tidak bisa merasa nyaman menjual rokok Sampoerna lagi. Namun, Alfa tetap menjadi minimarket yang terbesar di banyak tempat.


    Pada 2008, ketika Carrefour datang ke Indonesia sebagian gerai Alfa gudang rabat banyak yang diakuisisi. Setelahnya Djoko hanya memiliki 40% saham. Meski begitu, Alfamart tak mati dan justru makin menjamur setelahnya, terutama di lini minimarket.


    Alfamart tetap tumbuh sumbur menjadi jaringan minimarket terbesar di tanah air. Berkat ini Djoko pun makin kaya raya. Pada 2022 dia, yang lahir tepat hari ini 9 Februari 73 tahun lalu, masuk ke dalam 10 orang terkaya di Indonesia dengan harta US$ 4,5 miliar atau Rp 64 triliun.



    Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20230208090338-25-411992/cerita-bos-alfamart-dulu-bantu-ibu-di-warung-kini-kaya-raya

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +
    close
    close